5.12.14

Bad Sector Pada Hardisk Serta Solusi Memperbaikinya

Bad Sector Pada Hardisk Serta Solusi Memperbaikinya
Solusi untuk Masalah Bad Sector Jika disk masih bekerja dengan baik, segera backup data-data penting anda untuk menghindari hilangnya data tersebut lebih lanjut. Jika sistem merespon kemacatan data saat anda mengcopy data yang penting itu berarti data anda ada dan tersimpan pada lokasi bad sector tersebut dan susah dikembalikan.
Umumnya, proses format penuh harus dapat “menutupi” bad sector atau mengalokasikan sektor buruk dalam tabel alokasi file. dan anda bisa terus menggunakan disk sementara sistem operasi akan memperhatikan lokasi bad sector dan menghindari sector tersebut.

Utilitas lain seperti CHKDSK umum yang disediakan oleh Sistem Operasi Windows dapat membantu untuk mendeteksi dan menandai bad sector. Selama scan pada permukaan piringan hardisk, head akan mencoba untuk menulis data ke sektor itu dan kemudian membaca kembali apakah bekerja atau tidak. Jika proses baca dan tulis tidak dapat dilakukan, sektor ini ditandai sebagai bad sector karena tidak dapat digunakan. Sistem operasi akan mencatat sektor tertentu dan menghindari pemakaian sektor tersebu. Setelah itu, bad sector akan dipetakan ke sektor khusus pada drive yang disediakan.

Untuk memeriksa bad sector pada hardisk, anda dapat melakukannya dengan cara :
1. Double klik My Computer, kemudian klik kanan partisi hardisk anda, contohnya C, D atau E yang ingin anda periksa.
2. Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools.
3. Selanjutnya klik Check now.

Bila anda temukan Bad sector pada hardisk anda, lalu bagaimana cara memperbaikinya? berikut ini solusi yang bisa anda tempuh untuk memperbaiki bad sector tersebut. Bila bad sector pada hardisk anda masih bad sector yang ringan anda dapat memperbaikinya dengan cara :
1. Menggunakan fasilitas check now diatas, dan pilih fasilitas repair
2. Menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format
Bila bad sector sudah banyak maka siap-siap anda harus membackup data anda dan membeli hardisk baru

Demikian saja semoga tulisan bad sector pada hardisk serta solusi cara memperbaikinya ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba  :D

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Bad Sector Pada Hardisk Serta Solusi Memperbaikinya . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar