20.10.14

Apakah Benar Denda Cicilan Tetap Berjalan Selama Belum Dilunasi?

Dulu banyak pertanyaan serta jawaban yang simpang siur mengenai denda angsuran kredit motor ketika pokok hutang (angsuran) telah selesai dibayar. Denda ini sendiri timbul akibat debitur yang bersangkutan lebih sering lalai membayar angsuran kredit tepat pada tanggal jatuh temponya, misalkan tanggal jatuh tempo angsuran motor saya katakanlah setiap tanggal 5, tetapi saya selalu membayarnya ditanggal 15, maka secara sistem denda akan muncul yang mana biasanya kisaran denda tersebut diperinci seperti berikut : Angsuran x 0,5% kurang lebih seperti itu.

Kembali pada kesimpang siuran diatas, mengapa saya mengatakan demikian? Karena ada sebagian yang beranggapan bahwa denda tersebut tetap berjalan, hingga bisa dibayangkan jika 1 atau 2 tahun kemudian saya baru sempat mengambil Bpkb kendaraan maka bunga denda kian membesar, dan jelas pelunasan denda pun semakin mahal. Namun sebenarnya mengenai denda ketika saat pengambilan bpkb atau ketika kewajiban/pokok angsuran sudah terbayar, apakah denda tetap berjalan atau tidak, maka berikut ini saya akan memberikan bukti realnya bahwa denda tersebut tidak berjalan. Yang artinya jelas, bahwa denda yang ada (yang tersisa ketika angsuran pokok selesai) itu tidak akan berjalan, walau 1 atau 2 tahun kemudian saya baru sempatkan diri untuk mengambil bpkb. 

Apakah Benar Denda Cicilan Tetap Berjalan
Misal total denda saya Rp 2,690,000 pada saat pokok angsuran sudah selesai (lunas) pada saat itu katakanlah Tahun 2010, dan secara aturan berarti saya belum bisa membawa pulang Bpkb motor saya dong. Jelas, karena masih ada denda yang belum terbayar. Maka ketika saya ada milik (punya uang) dan saya ingin mengambil Bpkb motor saya pada Tahun-tahun ini (2014) denda tersebut nominalnya tidak akan berubah, akan tetap sebesar Rp 2,690,000, malah bisa berkurang jika saya meminta potongan denda saat berada di kasir untuk melakukan pelunasan denda.

Dengan demikian jelas sekali, bahwa denda akibat keterlambatan tidak akan berjalan (bertambah jumlahnya) walau setelah beberapa Tahun kemudian anda baru menyempatkan diri untuk melunasinya. Namun tetap saran dari saya pribadi sih, usahakanlah jangan sampai ada denda karena hal tersebut tetap akan berdampak kurang baik terhadap diri kita.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Apakah Benar Denda Cicilan Tetap Berjalan Selama Belum Dilunasi? . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar