21.7.14

Tips Mudik Nyaman Dan Lancar Sampai Di Kampung Halaman

Tips Mudik Nyaman Dan Lancar Sampai Di Kampung Halaman
Tidak terasa puasa Ramadan tinggal beberapa hari lagi dan Lebaran nan Fitri segera datang, ini berarti tradisi tahunan akan segera tiba. Perlu persiapan dari jauh-jauh hari untuk menyambut tradisi tahunan ini, betul? Dan akan ada banyak keperluan yang tidak biasanya dikeluarkan harus dipersiapkan. Merasakan kembali penatnya perjalanan ditengah terik debu dan polusi, dan bagaimana pegalnya persendian karena terlalu lamanya duduk. Mungkin itulah beberapa masalah yang akan terasa ketika melakukan Mudik Lebaran.

Namun bagaimana pun indahnya kampung halaman dan Silaturrahim menghapus semua itu, kerinduan akan kampung halaman terobati sudah, penat pun sirna, ketika suasana kebersamaan menyelimuti hati. Momen satu tahun sekali ini memang membawa keceriaan tersendiri, untuk itu tidak ada salahnya anda mengikuti Tips berikut ini agar perjalanan Mudik anda semakin nyaman dan berkesan.

Atur anggaran biaya Anda dengan cermat
Buatlah daftar anggaran biaya yang harus Anda keluarkan. Misalnya seperti budget tiket pulang-pergi atau budget bensin, oleh-oleh, angpao dan yang lainnya. Agar tidak bingung dan berakhir dengan uang yang habis tanpa alasan yang jelas. Yang terpenting, jangan memaksakan kebutuhan yang tidak bisa Anda penuhi. Hindari berhutang saat akan mudik hanya dengan alasan agar memiliki uang cadangan. Percaya atau tidak, uang Anda akan tetap habis meskipun Anda sudah mengukuhkan niat hanya akan menggunakan uang cadangan tersebut untuk keperluan mendesak.

Pilih waktu mudik yang tepat
Saat sudah berencana untuk mudik, sebaiknya pilih waktu yang tepat. Jika Anda mudik menggunakan transportasi umum, pesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Selain itu agar Anda lebih bisa memilih sarana transportasi yang nyaman selama perjalanan. Nah, kalau Anda akan melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek keamanan kendaraan jauh-jauh hari. Periksakan ke bengkel untuk service dan mengecek bagian terkecilnya. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan saat Anda mudik nanti. :D

Jangan membawa terlalu banyak barang
Hal tersebut akan merepotkan anda saat melakukan perjalanan, kecuali jika Anda membawa mobil pribadi. Namun begitu tetap saja, sebaiknya membawa barang secukupnya saja. Anda dapat mengirim sebagian barang melalui jasa pengiriman kilat jika memang terkondisikan untuk membawa barang-barang yang cukup banyak. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter.

Siapkan mental mengendara 
Saat anda memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik, berarti anda harus siap menghadapi kemacetan jalan saat mudik lebaran. Buatlah perjalanan anda terasa santai, jangan dibawa was – was, khawatir ataupun beban – beban yang ada pada diri anda. Hal ini akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan. 

Siapkan kondisi fisik
Jangan sampai membuat kondisi kesehatan Anda jadi menurun saat hari H keberangkatan hanya gara-gara anda kecapekan menyiapkan persiapan Mudik. Siapkan plastik, obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan Anda. Terakhir dan jangan sampai dilupakan, yakni berdoa kepada Tuhan YME semoga perjalanan mudik ini diberi keselamatan hingga sampai ketempat tujuan dengan selamat serta tidak kurang satu apa pun. Selamat mempersiapkan mudik, jangan lupa untuk hati-hati selama anda dalam perjalanan.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Tips Mudik Nyaman Dan Lancar Sampai Di Kampung Halaman . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar