29.6.14

Manfaat Serta Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Buah kurma yang lebih sering kita temui saat bulan Ramadhan (puasa) selain sunat saat dimakann ketika berbuka puasa juga memiliki manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh, dan berikut ini Moch Adnan Blog akan berbagi Info tentang manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh
Karena memang ternyata buah yang imut-imut berbentuk oval ini memiliki banyak sekali kandungan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dan berikut adalah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Serta Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah kurma sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan mereka yang sudah memiliki pengeroposan tulang meski masih muda Buah kurma bermanfaat untuk memperkuat tulang, mencegah osteoporosis dini, dan memperkuat gigi. Hal ini karena buah kurma mengandung mineral, selenium, mangan, magnesium, dan tembaga yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan tulang yang sehat dan gigi yang kuat

Mengurangi reaksi alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa sulfur organik berdampak positif pada sekitar 23 juta orang di Amerika yang mengalami alergi musiman. Karena buah kuno yang telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi ini mengandung sulfur organic Buah kurma bermanfaat untuk mengurangi reaksi alergi

Proses pembekuan darah

Buah kurma bermanfaat dalam proses pembekuan darah. Hal ini karena buah kurma kaya akan kandungan vitamin K dan vitamin B-kompleks. Vitamin B-kompleks seperti vitamin B-6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein.

Mengatasi anemia

Seperti yang sama-sama kita ketahui penyakit anemia lebih disebabkan karena kekurangan zat besi. Zat besi menjadi suatu komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah. Buah kurma mengandung zat besi karena sebanyak 0,90 milligram atau 100 gram per buah kurma (sekitar 11 persen AKG).

Mencegah stroke

Kurma juga dapat bermanfaat untuk mencegah stroke. Hal ini dikarenakan kurma dapat menghilangkan sebagian kolesterol jahat yang dapat menyebabkan stroke. Sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma. Apalagi tepat dengan moment bulan puasa seperti ini :D

Mencegah jantung koroner

Kalium yang terkandung dalam kurma merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Mengatasi sembelit

Kurma mengandung serat yang tinggi. Serat tinggi tersebut juga terdapat pada makanan lainnya, seperti oatmeal. Serat tinggi bermanfaat untuk membantu proses pencarnaan agar lebih lancar. Cara menggunakan kurma sebagai obat sembelit, pertama rendam kurma semalaman dengan air matang. Pada waktu paginya makan kurma hasil rendaman tersebut. Meminum air bekas rendamannya juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit. 

Melancarkan buang air

Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan dalam kurma juga bermanfaat untuk memperlancar saluran pembuangan air kecil dan mencegah penyakit kencing batu serta prostat.

Menjaga kesehatan mata

Buah kurma kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang menjaga kesehatan mata karena mengandung anti oksidan. Vitamin A juga dapat memelihara kelembaban dan menguatkan penglihatan mata.

Baik untuk saraf dan otak

Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah kurma sangat baik bagi kesehatan dan fungsi saraf. Kalium yang terkandung dalam buah kurma merupakan bahan untuk meningkatkan sistem saraf yang lebih responsif dan sehat. Aktivitas otak dapat meningkat, dapat lebih berpikir cepat, dan menjaga tetap fokus dalam menghadapi suatu masalah.

Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Makan kurma setiap harinya dapat menjaga dari rasa kelesuan. Inilah alasan mengapa dianjurkan berbuka puasa dengan buah kurma. Hal ini karena kurma kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kurma dapat menjadi makanan ringan, terutama ketika Anda sedang merasa lesu.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Manfaat Serta Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar