13.6.14

Cara Merawat Motor Matic

Ada diantara kita, yang mempunyai motor matic. Tentunya banyak orang yang sudah memiliki motor matic baik itu matic rakitan dari Honda, Yamaha, maupun Suzuki. Penggunanya pun sudah bukan kaum hawa saja, namun banyak juga dari kaum Adam yang menunggangi kuda besi bermesin matic ini. Nha, berikut ini saya akan berbagi cara merawat motor matic kesayangan anda tersebut. Baik tanpa berpanjang lebar lagi berikut ada beberapa point penting yang harus anda perhatikan dalam merawat motor matic.

  • Hindari tangki bahan bakar kosong. Segera lakukan pengisian bahan bakar bila bensin sudah mulai habis. Hal ini untuk menghindari terjadinya keausan mesin.  
  • Selalu panasi motor matic anda sebelum digunakan. Lakukan hal ini antara 5-10 menit sebelum siap dipakai. 
  • Kondisikan kecepatan motor anda secara stabil. Jangan melakukan pengegasan yang tiba-tiba. Demikian juga sebaliknya, jangan langsung menurunkan kecepatan pada saat anda berjalan dengan kecepatan tinggi. 
  • Ganti oli motor anda secara teratur. 
  • Perhatikan juga kondisi ACCU dan businya. Ini merupakan komponen penting dari motor matic anda agar tidak mogok dan tetap nyaman dikendarai. Karena jika starter listrik motor ini soak, mengengkolnya cukup merepotkan juga   :D 
  •  Periksa roler dan ventbeld Segera ganti komponen ini bila sudah tidak layak. Biasanya keluhan ini akan terdengar dari suara desit motor ketika di gas. Pennggantian spare part apapun usahakan menggunakan spare part yang asli yang direkomendasikan. 
  • Periksa ruang transmisi dan oli shockbreaker. Dalam ruang transmisi biasanya banyak debu yang menempel di sana. Selalu perhatikan dan bersihkan bila ruang transmisi sudah mulai kotor. Ganti juga Oli Shockbreaker secara berkala. 
  • Servis motor matic anda secara berkala di bengkel resmi yang ditunjuk. 

Cara Merawat Motor Matic
Selain cara merawat motor matic yang saya infokan diatas, saya juga akan coba tambahkan lagi, karena ada cara lain lagi yang tentunya akan membuat motor matic anda tetap sempurna dan awet. Anda tidak mau kan motor matic anda tiba-tiba rusak atau performa turun? Maka dari itu anda harus lebih cermat dalam perawatan motor matic anda agar performa motor bisa tetap terjaga seperti saat anda baru membeli motor matic anda. Nah berikut ini cara merawat motor matic yang bagus selain cara diatas:

Memperhatikan Timing Belt Timing belt merupakan bagian yang sangat vital pada motor matic. Timing belt berfungsi menggerakan roda belakang. Fungsi dari timing belt adalah sama seperti rantai pada motor bertansmisi. Anda harus selalu memperhatikan timing belt agar tidak mengeras dalam perawatan motor matic. Apabila timing belt mengeras maka motor matic Anda akan sulit berjalan dan agak terhambat dalam perjalanan. 

Memperhatikan Oli CVT CVT adalah kependakan Continous Variable Vransmissionyang memiliki kegunaan sebagai tansmisi pada motor matic. Cara kerja CVT adalah mengganti transmisi secara langsung sesuai kecepatan saat Anda berkendara. CVT merupakan bagian penting pada motor matic karena disinilah letak utama pergerakan motor. Untuk itu Anda sebaiknya memperhatikan oli pada cvt dan menggantinya secara berkala agar transmisi motor matic Anda tetap terjaga. 

Mengganti Oli Mesin Berkala Oli mesin merupakan kebutuhan motor yang harus dipenuhi, termasuk motor matic. Sebaiknya Anda selalu mengecek oli mesin motor Anda dan menggantinya berkala sesuai pemakaian agar oli senantiasa baru. Apabila oli mesin sudah kotor dan tidak diganti maka dampaknya adalah akan merusak mesin Anda. Mengganti oli mesin dilakukan apabila telah menempuh jarak 3000Km atau 3 bulan sekali untuk selalu menjaga kebersihan mesin motor Anda. 

Demikian beberapa tips Cara Merawat Motor Matic yang mungkin bisa anda jadikan referensi dalam merawat motor matic anda. Untuk lebih jelasnya, mungkin anda bisa berkonsultasi dengan mekanik yang terpercaya.

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Merawat Motor Matic . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar