26.6.14

Cara Memasang Widget Alexa Terbaru Ke Dalam Sidebar Blog

Terakhir posting soal tutorial blog waktu itu adalah cara membuat recent posts yang bisa anda simpan di sidebar blog, dan pada kesempatan kali ini kembali lagi saya akan memberikan sebuah tutorial blog yang mana tutorial kali ini adalah tentang cara memasang widget Alexa untuk blog. Semoga tutorial kali ini pun bisa bermanfaat untuk sobat semua. Namun sebelumnya saya ingin sedikit menambahkan dan sebagai catatan  saja, bahwa Alexa widget ini nantinya akan menunjukkan ranking serta kepopuleran web atau blog anda di dunia maya.

Cara Memasang Widget Alexa Terbaru
Dan tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang widget Alexa Terbaru ke dalam sidebar blog.Langkah awal buka situsnya alexa.com setelah itu silahkan buat akun terlebih dulu dengan cara mengisi form registrasi yang telah disediakan.silahkan memasukan alamat email anda,setelah itu buka email atau cek inbox email anda. Klik tautan link yang telah diberikan, dan buatlah sebuah password. Sampai disini pendaftaran anda sudah selesai.

Karena memang masih baru maka anda diharuskan mendaftarkan web/blog anda juga, dengann cara Login kedalam alexa dengan menggunakan akun yang telah anda buat diatas (register) Dan setelah berhasil masuk kedalam dasbor alexa anda, langkah selanjutnya silahkan ketik/ tuliskan nama Web/blog anda ke dalamm kotak pencarian yang berada di kanan atas pojok situs alexa. Klik enter.

Cari menu 'Edit site info' dengan cara menscroll kursor mouse sampai kebagian footer situs alexa, lalu klik menu tersebut. Maka akan keluar sebuah jendela munculan baru dan klik 'Claim This Site' Akan terbuka sebuah halaman baru, pilih metode No.2 dari 3 jenis metode yang tersedia (Addan alexa verification ID to your homepage) copy meta tag yang tersedia, lalu pastekan kedalam template web/blog anda. Dan setelah selesai menyimpan meta tag alexa tersebut kedalam template, selanjutnya klik 'Verify my ID' di beranda situs alexa. Jika proses klaim /pendaftaran web anda berhasil maka akan keluar tulisan 'Your site is successfully claimed'

Kini anda sudah terdaftar/berhasil registrasi dan juga sukses mengklaim (mendaftarkan) web/blog anda, maka kini tibalah giliran anda untuk memasang widget alexa ke dalam sidebar web/blog. Sedikit info bahwa kini tampilan situs alexa sudah berubah (berganti tampilan) maka cara lama untuk mendapatkan widget alexa yang cukup ribet itu sudah berganti, kini proses untuk mendapatkan serta memasang widget alexa hanya cukup meng-copy kode berikut ini lalu menyimpannya kedalam sidebar blog anda.


<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/Namabloganda.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=http://NamablogAnda.blogspot.com"></script></a>


Atau kode yang ini :
Info lebih lengkap buka tautan link berikut  https://alexa.zendesk.com/hc/en-us/articles/201514680
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/NamaBlogAnda.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=http://NamaBlogAnda.blogspot..com"></script></a>
'Masuk' kedalam dasbor blog anda, pilih 'Tata letak' lalu klik 'Tambah gadget/ add a gadget' pilih 'HTML' dan pastekan kode yang ada diatas, dengan catatan anda merubah tulisan yang berwarna merah tersebut dengan url web/blog anda. Demikianlah langkah lengkap cara memasang widget alexa terbaru ke dalam sidebar blog, semoga bermanfaat untuk anda semua.
Untuk pengguna blog gratisan dari Wordpress.com, silahkan baca cara menyimpan widget alexa ini kedalam sidebar blog wordpress nya : 
http://www.mochadnan.com/2014/07/cara-memasang-widget-alexa-ke-sidebar.html

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Memasang Widget Alexa Terbaru Ke Dalam Sidebar Blog . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar