Moch Adnan 23 Februari 2014
Kerusakan pada komputer memang sangat beraneka ragam dan perlu ketelitian penuh dalam menganalisa sumber kerusakannya, salah satunya seperti pada kasus berikut ini dimana awal kerusakan yang sebenarnya adalah pada power supply, namun ketika setelah mengganti power supply tersebut dengan yang baru eeh...muncul permasalahan lain. Seperti apa permasalahan yang muncul ketika setelah mengganti power supply yang rusak tersebut, berikut adalah diantaranya yang mungkin juga timbul dan terjadi pada komputer anda ketika selesai mengganti power supply.
Tips: Cara Mengatasi Komputer Yang Langsung Hidup
Tips: Cara Mengatasi Komputer Yang Langsung Hidup

Permasalahan Yang Muncul Ketika Selesai Mengganti Power Supply Yang Rusak

Pertama, cpu akan menyala secara otomatis (langsung menyala) ketika kabel power supply terhubung dengan aliran listrik. Hal ini jelas tidak terlihat normal, karena lazimnya komputer akan menyala ketika tombol on-off power kita tekan setelah terhubung dengan aliran listrik.

Kedua, indikator lampu yang berada dalam mother board akan menyala berkedip-kedip secara kontinue. Ini tidak lazim, karena harusnya lampu indikator (led) yang berada dalam mother board tersebut hanya menyala saja, tanpa embel-embel berkedip.

"kerusakan seperti ini bisa diatasi dengan membuka battere CMOS komputer." 
Begitulah menurut penuturan Mas Budi, salah seorang ahli komputer dan juga sebagai ahli service komputer dibilangan Bekasi.

Anda bisa mencoba solusi yang diberikan oleh Mas Budi seperti yang tertulis di atas, yakni dengan membuka pasang battere c-mos. 

Buka battere komputer (bersihkan), dan setelah itu pasang kembali battere komputer seperti sedia kala. Ingat agar saat melepas dan memasang battere harap dilakukan dengan perlahan-lahan dan penuh kehati-hatian,

Setelah itu silahkan anda coba nyalakan kembali komputer anda. 

Oya menurut penuturan Mas Budi, biasanya setelah melakukan bongkar pasang pada battere CMOS, anda diharuskan mensetting ulang pengaturan tanggal dan jam. 

Silahkan atur dan sesuaikan kembali pengaturan tanggal dalam PC anda. kemudian Hidupkan Ulang komputer 

Mudah-mudahan dengan tips cara mengatasi komputer yang langsung hidup ini bisa menjadi salahsatu solusi permasalahan yang mungkin saja anda alami, sebagai penutup baca juga artikel tentang cara mengembalikan data yang menjadi shortcut dalam flashdish. Wassalam...