Moch Adnan 14 Februari 2014
Cara Memasang Facebook Like Box Di Blogger
Gambar : Moch Adnan Blog
Kali ini saya akan membuat sebuah tutorial lengkap tentang cara memasang facebook like box di blogger, mulai dari pembuatan Halaman FFP atau Facebook Fan Page lalu ke Facebook Like Box, hingga pemasangannya ke dalam halaman blog di blogger, semoga tutorial ini bermanfaat dan kian menambah wawasan kita semua. Langsung saja di bawah ini adalah cara-cara yang bisa anda ikuti untuk memasang facebook like box di blogger.


'sign in' ke dalam akun FB, setelah berhasil masuk, kemudian klik tautan link berikut https://EQ.facebook.com/pages/create.php akan tampak tampilan gambar seperti berikut.

Cara Memasang Facebook Like Box
pilih salah satu tema group yang menggambarkan situs atau bisnis anda kemudian beri tanda ceklist dalam kotak dan klik 'mulai'. Setelah itu akan muncul tampilan pengaturan form yang mirip sekali dengan gambar berikut.

Cara Memasang Facebook Like Box
kemudian klik 'simpan info' maka anda akan dibawa ke dalam halaman pengaturan seperti pengaturan 'foto profil' 'Tambahkan ke favorit' dan 'Jangkau lebih banyak orang' dalam tahap ini klik 'lewati' saja. Hingga akhirnya pada tahap ini pembuatan Halaman FB/ fan page anda sudah jadi. Lihat gambar.

Cara Memasang Facebook Like Box

Disini anda bisa melakukan beberapa hal yang perlu anda update guna merapikan penampilan halaman facebook, seperti memasang foto profil dan lain sebagainya. Dan tahap ini kita sebut saja sebagai tahap 1.

Cara Memasang Facebook Like Box Di Blogger

Selanjutnya kita tinggal memasang kode html Like Box Facebook ke dalam blog. Seperti apa saja langkah-langkah pemasangannya? Silahkan lanjut membaca. Untuk terhubung dan menemukan kode widget like box facebook, klik tautan link berikut: https://developers.facebook.com/docs/plugins
kemudian pilih 'Like Box' dan akan tampil halaman seperti dalam gambar berikut. 

Cara Memasang Facebook Like Box

Sekarang anda tinggal diminta agar memasukkan 'URL facebook Page' yang telah anda selesaikan dalam tahap ke 1 diatas. Bagaimana cara mengetahui 'url facebook page'? Mudah saja ya. Anda hanya perlu meng-copy URL yang ada dalam adress bar browser halaman fan page (lihat gambar), 

Cara Memasang Facebook Like Box

kemudian pastekan copy-an url tersebut kedalam kotak 'Facebook page URL' isi juga pengaturan 'tinggi dan lebar' widget misal tinggi 250 dan lebar 300, kemudian klik 'Get code'.

Maka akan keluar sebuah jendela munculan 'Plugin Code' disana terdapat empat jenis kode mulai dari HTML5, XFBML, IFRAME dan URL. Pilih opsi HTML5 kemudian 'copy' kedua kode script tersebut dan gabungkan. Simpan terlebih dulu dalam sebuah Notepad.

Cara Memasang Facebook Like Box

Masuk kedalam dasbor blog→ pilih tata letak →add a gadget,→ html. Kemudian pastekan/masukkan keseluruhan kode like box yang sebelumnya anda simpan dalam Notepad ke dalam gadget HTML lalu klik 'simpan' dan selesai.

Selamat! Kini Facebook Like box sudah duduk manis dalam halaman blog anda. Demikianlah cara memasang facebook like box di blogger, selamat mencoba.