7.1.14

Tips dan Trik Mengatasi Sikecil Ketika Mogok Sekolah

Dalam beberapa kasus mungkin peristiwa di bawah ini terjadi pada beberapa orang tua , di mana anak tidak mau pergi ke sekolah dengan berbagai alasan . Sebagai orang tua kita harus bijak dalam menangani masalah ini . Satu hal yang pasti , ketika anak-anak mogok sekolah orangtua harus menelusuri penyebabnya. Salah satu pemicu mungkin ada di bawah ini 

Tidak nyaman .

Ketidaknyamanan yang disebabkan anak tidak diperkenalkan ke sekolah barunya pertama kali dan langsung ke sekolah tanpa persiapan . Kondisi ini bisa berat pada anak-anak kurang bersosialisasi ( biasa berada di rumah sepanjang hari ) . Memahami bahwa akar penyebab yang sebenarnya ada di tangan kita tidak memberinya kesempatan untuk bersosialisasi dan mengenal sekolah lebih dekat . Fakta ini penting sekali dilakukan . Perasaan anak harus dibuat nyaman terlebih dahulu . Anda melakukan ini dengan menjelaskan kepadanya bahwa dia tidak perlu takut di sekolah . Menemaninya ke sekolah , dan dengan siapa ia menjadi berkenalan dengan guru dan teman-teman sekolah .


Tetap tenang dan ceria di depan anak sehingga ia tidak melihat apa-apa yang harus ia takuti di sekolah . Jika Anda perlu untuk menemani di kelas selama beberapa saat sementara memotivasi keberaniannya . Kemudian lepaskan anak perlahan-lahan sampai ia benar-benar memiliki keyakinan yang kuat . Bekerja sama dengan pihak sekolah, menggambarkan kondisi anak masih takut untuk pergi ke sekolah pada gurunya . Dengan kerjasama yang baik , ketidaknyamanan anak Anda diharapkan secara bertahap akan menyusut dan menghilang perlahan-lahan . Hindari pemaksaan .

Faktor teman .

Ini biasanya terjadi pada anak-anak keterampilan sosialnya rendah , jarang bermain dengan teman sebaya . Ketika di sekolah , ia harus bertemu teman baru dengan berbagai karakter sehingga sulit untuk berbaur .
Sama seperti sebelumnya , untuk menghindari pemaksaan . Selain itu , tanpa mau tahu penyebabnya , pemaksaan hanya akan semakin memperburuk situasi. Jelaskan bahwa semua teman-teman di sekolahnya adalah anak-anak baik , tidak ada yang nakal . Buktikan kata-kata kita untuk menemaninya ke sekolah , ajak anak untuk bertemu secara terpisah dengan teman-temannya . Jika anak Anda pernah memiliki pengalaman buruk dengan perilakunya , mengatakan bahwa teman itu hanya mencoba untuk berkenalan dengan dia , tidak perlu ditakuti . Ketika rasa takut masih terjadi , mendampingi dan menemaninya sambil terus memotivasi keberaniannya .

Dalam hal ini sangat penting untuk membangun keterampilan sosial anak . Memperluas kesempatan baginya untuk bermain dengan rekan-rekan di rumah dan lebih sering untuk membawanya ke lokasi di mana banyak anak-anak berkumpul .

Terlalu dimanjakan .

Kelebihan memanjakan anak akan membuat banyak anak-anak tidak mengembangkan kemampuan dengan benar . Dia tidak bisa makan sendiri , mengenakan pakaian sendiri , pada dasarnya tidak bisa mengurus kebutuhan mereka sendiri .

Di sekolah anak-anak sering diminta untuk mandiri. Ketika makan misalnya , ia harus membuka ransum sendiri , membersihkan makanan yang tumpah itu sendiri , sedangkan guru hanya memantau dan membantu apabila dibutuhkan . Begitupun ketika pelajaran berakhir, anak akan diminta untuk merapihkan alat tulisnya sendiri. Jika ia tidak bisa melakukannya kemudian muncul ketidaknyamanan , ketakutan , keengganan untuk sekolah .

Lalu seperti apa penanganannya ?, Berikan anak-anak ide bahwa sekolah sangat menyenangkan . Bertemu banyak teman , bisa bermain ayunan , jungkat-jungkit , dan lain-lain . Di rumah , membantunya untuk melatih mandiri dengan berbagai kemampuan . Dari mulai makan sendiri , memakai pakaian mereka sendiri , untuk membersihkan alat tulis mereka sendiri . Yakinkan anak jika ia mampu melakukan semuanya sendiri . Dorong dia untuk mengikuti contoh dari teman-temannya yang telah mampu melakukannya .

Ganti guru .

Mogok ( tidak ingin ) Sekolah juga dapat disebabkan oleh perubahan sekolah sebagai guru mengubah kelas dan bertemu dengan seorang teman yang berbeda . Ada seorang anak biasa yang ditangani guru A ' akan tidak bertahan sekolah ketika ia diajarkan oleh guru B. Anak-anak mungkin sedih karena kehilangan sosok guru yang sudah menjadi favoritnya.

Teman kelas yang berbeda juga bisa membuatnya tidak nyaman di sekolah . Sekali lagi hal ini biasanya terjadi pada anak-anak yang sulit untuk beradaptasi di lingkungan baru . Memahami kesedihan dan ketakutan anak-anak , sedih kehilangan seorang guru dicintai adalah pelajaran bagi anak-anak untuk memahami berbagai perasaan , satu kesedihan .

Bantulah anak Anda untuk menghilangkan kesedihan mengalihkan perhatiannya kepada guru barunya . Mengatakan bahwa guru baru adalah lebih baik dari guru sebelumnya . Dia juga pandai menyanyi, membuat kerajinan, pintar bercerita. Menjalin kerjasama dengan sekolah untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak . Salah satunya meminta sekolah untuk menyajikan sosok guru yang berkualitas , yang memahami perkembangan psikologis anak . Jika alasannya untuk tidak pergi ke sekolah karena teman-teman barunya , bagaimana mengatasi hal di atas faktor alasan teman . Berikan motivasi dan keberanian untuk membangunkan anak bahwa semua teman-teman di kelas semuanya sangat menyenangkan . Untuk beberapa waktu tidak ada salahnya menemaninya sampai rasa percaya dirinya tumbuh .

Kasus mogok ( tidak ingin ) sekolah akan benar-benar diselesaikan , asalkan orang tua juga memiliki keyakinan bahwa sekolah akan memberikan banyak manfaat bagi anak Anda .

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Tips dan Trik Mengatasi Sikecil Ketika Mogok Sekolah . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar