Moch Adnan 4 Juni 2013
Cara Menambahkan Like Button FB Di Blogspot
Cara Menambahkan Like Button FB Di Blogspot
Moch Adnan Blog - Cara Menambahkan Like Button FB Di Blogspot - Mengelola blog baru dengan template yang tak dilengkapi dengan sosial media sharing, membuat saya harus lembur untuk merapihkan tampilannya. Tapi Alhamdulillah semua itu bisa saya atasi. Dan sekedar ingin berbagi pengalaman maka cara menambahkan like button FB di blogspot serta sosial media share ini saya publish saja disini, mungkin saja tulisan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk yang lain.

Kalau sudah jatuh hati memang agak susah untuk berpaling, mungkin alasan inilah yang membuat saya rela untuk berlama-lama di depan komputer, karena saya sadar sebenarnya di luar sana masih banyak bertebaran template yang bagus serta dilengkapi dengan sosial media share yang lumayan komplit dan siap untuk di sedot. Namun ya itu tadi, kalau sudah suka rasanya sulit untuk saya bisa berpaling hehehe...


Tapi bukan berarti berhenti dan tertahan disini, anda juga bisa membuat sebuah Daftar isi atau Sitemap blog untuk mempermudah navigasi blog yang kini tengah anda kelola. 

Klik tautan link berikut untuk membaca:  Cara membuat Daftar isi atau Sitemap Blog

Baiklah, cara menambahkan atau memasang atau juga membuat like button facebook serta sosial media share hingga terpasang kedalam blogspot adalah sebagai berikut:
Klik tautan link berikut ini : Meta for developers
Lalu pilih Like Button
Kemudian konfigurasikan tampilan like button kamu dengan cara mensetting pengaturannya. Masukkan alamat URL, pilih layout style, lebarnya, hingga color scheme.
Kemudian klik get code.

Cara Menambahkan Like Button FB Di Blogspot
Cara Menambahkan Like Button FB Di Blogspot

Copy kode plugin like button dan masukkan kedalam template kamu.

Cara Menambahkan Like Button FB Ke Didalam Halaman Blog

  • Masuk kedalam dasbor blog > pilih template >edit HTML.
  • Lalu cari kode <body> dan sisipkan kode plugin like button No.1 di bawah kode <body> simpan template.
  • Kemudian cari lagi kode seperti ini <data:post.body/> atau seperti ini <p><data:post.body/></p> kemudian pastekan kode plugin like button No.2 tepat diatas kode <p><data:post.body/></p>
  • Simpan template dan selesai !.

Sampai di sini pemasangan plugin like button facebook sudah selesai. Namun bila kebetulan dalam template blog anda juga belum ada’ atau mungkin ingin mengganti sosial media sharing, silahkan saja untuk mengcopy paste kode di bawah ini. Dan simpan kedalam template blog kamu tepat setelah kode <p><data:post.body/></p>  atau di bawah kode <data:post.body/>


<!-- AddThis Button BEGIN -->
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <div class='addthis_toolbox addthis_default_style '>
    <a class='addthis_button_preferred_1'/>
    <a class='addthis_button_preferred_2'/>
    <a class='addthis_button_preferred_3'/>
    <a class='addthis_button_preferred_4'/>
    <a class='addthis_button_compact'/>
    <a class='addthis_counter addthis_bubble_style'/>
    </div></b:if>
 <script src='http://s7.addthis.com/js/250/addthis_widget.js#pubid=xa-4e71feed783c3890' type='text/javascript'/>
    <!-- AddThis Button END -->


Sebagai bagian dari peninjauan portofolio produk secara berkala, Oracle telah membuat keputusan bisnis untuk menghentikan semua layanan AddThis efektif mulai 31 Mei 2023.

Simpan hasil editan templatenya,dan kedua hasil penambahan sosial media share tersebut akan terlihat seperti pada blog ini.

Sekian dulu, smoga bermanfaat ...