20.3.13

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes

Salam jumpa tokem sekalian, senang rasanya bisa kembali update artikel pada blog seputar roda 2 ini, dan mudah-mudahan updatean kali ini yang mana mengusung tema beberapa hal yang menyebabkan ban motor kempes bisa bermanfaat untuk tokem yang biasa kelayaban (wara-wiri) menggunakan motor kesayangannya. Postingan ini saya publish berdasarkan beberapa cerita pengalaman dari beberapa tokem yang berhasil saya rangkum, dan coba menceritakannya kembali kehadapan para pembaca sekalian. 

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes
Bayangkan saja,ketika kondisi di jalan sedang panas-panasnya, dan tukang tambal ban liar pun sudah sulit di temui karena banyak diantara mereka yang terkena razia penertiban kota. Tiba-tiba saja ban motor tokem kempes,entah itu yang depan ataupun ban bagian belakang. Tentu saja hal tersebut sangat tidak mengenakan.! Dari itu ada baiknya tokem kenali terlebih dulu beberapa permasalahan di bawah ini guna sebagai peningkat kewaspadaan tokem sebelum berkendara dan kelayaban (wara-wiri). 

  • Ban gundul 
  • Bocor halus 
  • Pentil ban kendor 
  • Belum mandi 

Ban Gundul 

Sudah sangat jelas sekali jika ban sudah gundul maka secara otomatis dia mempunyai kerentanan yang sangat tinggi untuk menyebabkan terjadinyakempes ban. Satu-satunya solusi untuk mengatasi hal ini adalah menggantinya dengan yang baru,jangan biarkann ban dalam motor tokem penuh dengan tambalan. 

Bocor halus 

Lubang sekecil jarum pun bisa membuat ban menjadi kempes,namun pada umumnya kondisi bocor halus ini tidak serta merta terasa dan kita ketahui (sadari),terkadang sampai 1 sampai 2 hari barulah kita menyadari kekempesan terjadi pada ban tersebut. Solusi terbaik adalah dengan membongkar ban dan mencari penyebab terjadinya bocor halus. 

Pentil ban kendor 

Pernah memperhatikan tukang tambah angin tidak ketika saat selesai memompa ban? Biasanya mereka akan menempelkan air ludahnya keatas permukaan pentil dengan menggunakan jari tangannya. Jika terjadi gelembung pada permukaan pentil maka dapat menyebabkan ban menjadi kempes, yang artinya udara dalam ban tersebut keluar. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengencangkan setelan pentil tersebut. 

Belum mandi 

Nah ini yang paling aneh, apa kaitannya dengan belum mandi menyebabkan ban motor menjadi kempes, percaya atau tidak dan entah karena faktor kebetulan atau bukan, mungkin cerita dari salah satu tokem berikut ini bisa anda simak. Ceritanya si memet (nama samaran) mempunyai seorang kekasih, sebut saja namanya memey (Nama samaran) kemudian suatu ketika dia datang ke pada saya dan dia (si Memet ini) mengeluh,

Memet: “gue heran,kenapa tiap kali bonceng bokin eh…ban motor gue jadi kempes.”
Saya : “wah, kenapa bisa begitu Met? Emang habis dari mana saja sama bokin?”
Memet: “biasa….”
Saya : “maksud lu apa?”
Memet: “habis cek in.!” (saya geleng-geleng kepala…) 



photo: http://ngebutz.blogspot.com

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar