Moch Adnan 13 Juni 2020

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes
Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ban Motor Kempes

Salam jumpa tokem sekalian, senang rasanya bisa kembali update artikel pada blog seputar roda 2 ini, dan mudah-mudahan updatean kali ini yang mana mengusung tema beberapa hal yang menyebabkan ban motor kempes bisa bermanfaat untuk tokem yang biasa kelayaban (wara-wiri) menggunakan motor kesayangannya.
Postingan ini saya publish berdasarkan beberapa cerita pengalaman dari beberapa tokem yang berhasil saya rangkum, dan coba menceritakannya kembali kehadapan para pembaca sekalian. 
Bayangkan saja,ketika kondisi di jalan sedang panas-panasnya, dan tukang tambal ban liar pun sudah sulit di temui karena banyak diantara mereka yang terkena razia penertiban kota. Tiba-tiba saja ban motor tokem kempes,entah itu yang depan ataupun ban bagian belakang. Tentu saja hal tersebut sangat tidak mengenakan.! Dari itu ada baiknya tokem kenali terlebih dulu beberapa permasalahan di bawah ini guna sebagai peningkat kewaspadaan tokem sebelum berkendara dan kelayaban (wara-wiri). 

  • Ban gundul 
  • Bocor halus 
  • Pentil ban kendor 

Ban Gundul 

Sudah sangat jelas sekali jika ban sudah gundul maka secara otomatis dia mempunyai kerentanan yang sangat tinggi untuk menyebabkan terjadinyakempes ban. Satu-satunya solusi untuk mengatasi hal ini adalah menggantinya dengan yang baru,jangan biarkann ban dalam motor tokem penuh dengan tambalan. 

Bocor halus 

Lubang sekecil jarum pun bisa membuat ban menjadi kempes,namun pada umumnya kondisi bocor halus ini tidak serta merta terasa dan kita ketahui (sadari),terkadang sampai 1 sampai 2 hari barulah kita menyadari kekempesan terjadi pada ban tersebut. Solusi terbaik adalah dengan membongkar ban dan mencari penyebab terjadinya bocor halus. 

Pentil ban kendor 

Pernah memperhatikan tukang tambah angin tidak ketika saat selesai memompa ban? Biasanya mereka akan menempelkan air ludahnya keatas permukaan pentil dengan menggunakan jari tangannya. Jika terjadi gelembung pada permukaan pentil maka dapat menyebabkan ban menjadi kempes, yang artinya udara dalam ban tersebut keluar. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengencangkan setelan pentil tersebut. 
???



photo: http://ngebutz.blogspot.com