Moch Adnan 4 September 2012
Tips Cerdas Berkartu Kredit

Perlukah kita menggunakan kartu kredit? Orang-orang yang cerdas dan bijak selalu mempertimbangkan dampak suatu perbuatan atau tindakan dengan melihat substansi persoalan, tujuan, dan kondisi yang dihadapi. Pemakaian kartu kredit pada dasarnya adalah ditujukan untuk memudahkan transaksi pembayaran Non-tunai.

Mengingat system kartu kredit adalah pembayaran yang menggunakan uang milik Bank penerbit kartu, dengan ketetapan bunga atau tarip jasa layanan yang sudah disepakati bersama. Maka secara substansif kartu kredit adalah sama dengan hutang.

Jadi, jangan pernah berpikir bahwa uang yang ada pada kertu kredit itu adalah milik Anda. berbeda dengan kartu Debit yang sepenuhnya adalah menggunakan uang Anda. hutang sah-sah saja dilakukan. Namun, sebagai ‘pintu darurat’ keuangan. Hutang hanya diperlukan untuk penyelamatan sementara. Maka selama tidak benar-benar dibutuhkan atau mendesak, pemakaian kartu kredit sebaiknya dihindari. Kalaupun terpaksa menggunakan kartu kredit, harus dipertimbangkan terlebih dahulu langkah-langkah pengamanan ekstra agar Anda terhindar dari resiko dan dampak buruk yang ditimbulkan.

Ya, mungkin dari sini anda bisa membaca 7 langkah pengamanan penggunaan kartu kredit sebagai lanjutan dari artikel tips cerdas berkartu kredit ini, semoga bermanfaat.