Moch Adnan 21 Mei 2020
5 Cara Sederhana Dalam Mengelola Buku
5 Cara Sederhana Dalam Mengelola Buku
Ada 5 cara mengelola buku secara sederhana, serta ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menangani buku-buku, seperti apa dan bagaimana caranya, berikut ini penjelasan singkatnya mengenai cara sederhana dalam mengelola buku:

5 Cara Sederhana Dalam Mengelola Buku adalah sebagai berikut:
 

1. Pencatatan Buku

Catat semua buku yang ada kedalam buku besar berukuran Folio, buat kolom-kolom yang diperlukan, yakni nomer urut, tanggal dibeli/ didapat, nama pengarang, judulnya apa, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman.
Maksud kegiatan iniadalah untuk mengetahui jumlah seluruh buku yang ada secara lengkap. Tulis nomer urut Buku dan tanggal pencatatan kedalam buku yang didata. Bisa ditulis pada halaman judul atau dihalaman ahir buku, yang penting konsisten.

2.Pembuatan Kode Buku

Kode buku sangat diperlukan untuk mendapatkan kembali buku jika sudah ditempatkan di rak. Kode buku berupa nomer urut pencatatan, ini dibuat pada kertas berukuran 2 X 5 cm. kemudian kertas kode tersebut ditempelkan pada punggung buku.

3. Pembuatan Katalog

Katalog adalah wakil dari buku asli, ia dapat dibuat dari karton berukuran 7,5 X 12,5 cm. Setelah buku dicatat dan diberi kode buku, catat sebagian data dari buku tersebut kedalam katalog. Data yang perlu dicatat adalah kode buku, nama pengarang, judul buku dan Tahun terbit.
Catat kode buku disudut kiri atas kartu katalog, (sekitar tiga baris dari kiri), tulis pengarangnya pada 2 spasi berikutnya (dimulai sekitar 8 baris dari kiri.). Selanjutnya tulis judul buku pada spasi berikutnya (dimulai sekitar 11 baris dari kiri), tulis tahun terbitnya pada spasi berikutnya. Katalog ini disebut juga sebagai Katalog Pengarang, sedangkan katalog judul berisi kode buku, judul, pengarang dan tahun terbit.

Untuk memudahkan menemukan buku dalam Rak, maka katalog-katalog tersebut disusun berabjad dan terpisah antara nama pengarang dan Judul. Semua katalog ini disimpan khusus dalam kardus atau tempat sejenisnya berukuran katalog.

4. Penataan Buku di Rak

Buku-buku yang telah mempunyai kode buku dan katalog, ditata dalam Rak atau lemari buku, penyusunannya menurut urutan nomor pencatatan buku. yaitu dimulai dengan nomor 1.2.3.4 dan seterusnya.

5. 'Memanggil' Buku Yang Diperlukan

Buku yang diperlukan dapat dicari melalui katalog pengarang, bila yang diketahui adalah pengarangnya atau katalog Judul, bila yang diketahui adalah judulnya.

Kelima cara diatas adalah cara yang paling sederhana dalam mengelola buku. Oleh sebab itu, anak dapat dilibatkan langsung untuk aktif mengelola buku-bukunya. Dengan begitu ia mempunyai alternatif kegiatan dalam rumah,tidak melulu menghabiskan waktunya menonton TV atau bermain Game PS.