23.3.11

Disaat Yamaha Mio Mogok.

Bagi para pengguna Motor Matic, khususnya Yamaha Mio. Penulis ingin sedikit berbagi pengalaman dimana waktu itu kuda besi matic tunggangan penulis sempat mendadak mogok di tengah jalan. Berikut kiat- kiat yang bisa di lakukan sebelumnya : selalu sediakan atau membawa perlengkapan seperti, busi, obeng, pembuka busi, ban dalem, dan juga oli mesin. Tidak perlu terlalu banyak juga tidak apa- apa. Pada motor yang bermesin otomatic, electrik starter sangat dihandalkan untuk menstarter mesin agar hidup. Karena, terus terang saja jika mengandalkan kick starter bikin pegel hati yak!?... Harus memposisikan motor pada posisi standar dua. Karena itu kondisi aki wajib fit. Setelah itu jika terjadi mogok pada mesin si matic, anda bisa memulai dari mengecek bensinnya.

Jika emang bensin ada, sekarang beralih kebusi.
Cara pengecekannya adalah Buka penutup mesin depan, letaknya tepat dibawah jok bagian depan. Lalu, gunakan pembuka busi. Hati- hati menyentuh body mesin yang masih panas. Jika sudah terbuka anda bisa mengecek bagus dan tidaknya busi tersebut dengan menempelkan ujung kepala busi pada bodi mesin motor anda sambil menstaternya. Jika percikan api yang keluar terlihat kecil atau lemah, silahkan untuk menggantinya dengan busi yang baru / busi cadangan anda. Tapi jika terjadi kebalikannya, pasang kembali busi pada tempatnya.Lalu mulailah
menghidupkan mesin.

Tekan terus tombol starter yang ada diposisi kanan stang. Kadang kala proses waktu menstarter diperlukan waktu, jadi tekan trus tombol start sampai mesin hidup dan jangan sungkan atau takut aki menjadi soak. Jika belum juga berhasil disarankan kembali ke tempat Busi, buka kembali kedudukan busi. Lalu cobalah memasukkan sedikit Oli Mesin ke dalam tempat busi. Selanjutnya hela pedal Kick starter sambil menutup lubang busi tadi dengan menggunakan kain lap. Bila mesin sudah menyala biasanya gas buang atau asap knalpot tampak hitam, ini wajar karena mesin telah mengalami siraman dari Oli mesin tersebut.
Demikian kurang lebihnya proses dimana saat Motor matic mengalami ngadat mesin atau mogok, jika masih terjadi mogok harap mencari bengkel terdekat.

wassalam....

→ About the author

Moch Adnan adalah Admin Blog yang mempunyai ketertarikan dengan Dunia Blogging,kamu bisa Menemukan saya dan memfollow saya di Google + Twitter Facebook


Terima Kasih Telah Membaca Artikel Disaat Yamaha Mio Mogok. . Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silahkan untuk berlangganan artikel Gratis dengan cara mengetikkan alamat e-mail anda pada kotak berlangganan berikut:
Subscribe via Email

6 komentar

Terima kasih tipsnya....
Kalau sudah hidup tapi lemah, digas malah mati atau seolah-olah aliran listriknya terputus-putus, kenapa ya...?

Mas gun bisa coba dengan mengganti filter udaranya, semoga gag lemah lagi gas mionya...

Terima kasih sarannya, bisa dicoba.........
terima kasih pula komennya di http://gunawank.wordpress.com/2011/03/29/b-o-t-d-alias-top-post-versi-wordpress/

waaaaahhhh untung punya menone bukan matic hahahahahahahha............ mantapppp


salam persahabatan selalu dr MENONE

Ayoo beralih ke matic mas.....heheheheheehehee....... Piss Mas menone....

[...] Trik ini juga berlaku untuk semua merek matik. Atau kalau memang matiknya sampai mogok coba klik disini [...]

Silahkan tinggalkan komentarnya
Mohon untuk tidak memasukkan link hidup dalam berkomentar